Tips Mendaki Gunung Di Malam Hari

Posted on

Nah kali ini kami memiliki pembahasan baru yang tak kalah menarik dari pembahasan sebelumnya mengenai Info Gunung Sinabung Pembahasan tersebut adalah tips mendaki gunung di malam hari. Tips mendaki gunung di malam hari ini kami kutip dari explore1ndonesia.blogspot.co.id semoga dapat memberikan manfaat besar bagi kita semua.

Baiklah penasaran seperti apa selengkapnya tips mendaki gunung di malam hari di bawah ini. Tanpa perlu berlama-lama lagi mari kita simak sama-sama pemaparan lengkapnya dibawah ini. Silahkan.

Tips Mendaki Gunung Di Malam Hari

Tips Mendaki Gunung Di Malam Hari
Tips Mendaki Gunung Di Malam Hari

Bawa Penerangan Yang Cukup

Tips mendaki gunung di malam hari yang pertama berkenaan dengan penerangan. Penerangan sangatlah penting jika kita mendaki gunung di malam hari karena mata manusia mempunyai batasan dalam melihat dan tidak bisa melihat dalam gelap. Oleh karena itu kita butuh bantuan alat  penerangan seperti senter, headlamp dan lampu emergency. Jika kita mendaki pada malam hari sangat disarankan untuk membawa penerangan berupa headlamp, karena dengan memakai headlamp akan memungkinkan kita untuk berpegangan pada pepohonan sewaktu jalan karena tangan kita tidak memegang apa-apa.

Jaga Tubuh Tetap Hangat

Udara malam di gunung sangatlah dingin, berbeda ketika kita berada di bawah. Kita harus selalu menjaga kehangatan tubuh ketika melakukan pendakian malam hari. Jangan sampai kedinginan tersebut akan membuat kita terkena hipotermia. Selain itu udara dan suhu dingin di gunung dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh ini seperti kaki dan tangan menjadi rawan kram dan kaku. Seperti itulah kira-kira tips mendaki gunung di malam hari yang kedua.

Hilangkan Rasa Takut

Pada malam hari tentunya akan sangat gelap dan identik dengan hal- hal mistis. Inilah tips mendaki gunung di malam hari yang ketiga. Terkadang para pendaki berebut agar tidak berjalan di bagian paling belakan dalam sebuah tim. anyak endaki yang ketakutan terhadap adanya makhluk ghaib. Ketakutan tersebut hanya akan mendatangkan ketidakharmonisan dalam sebuah tim dan ada baikna kita berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian di malam hari. Dengan berdoa tentunya akan mendatangkan kepercayaan diri bagi pendaki. Dengan berdoa juga akan mengusir segala ketakutan terhadap hal-hal mistis.

Tinggalkan Jejak

Tips mendaki gunung di malam hari yang ke empat adalah jejak. Ketika melakukan pendakian pada malam hari kita akan kesulitan mengingat tempat atau jalan yang sudah kita lewati. Hal itu disebabkan karena kita kesulitan melihat alam ketika malam hari dikarenakan gelap. Hal ini menyebabkan kita sering kali lupa dengan jalan yang pernah kita lalui, jadi pada waktu perjalanan turun kita bisa salah jalan. Buatlah tanda seperti dengan cara mematahkan ranting atau memberi tali pada pohon.

Bawalah Lonceng

Tips mendaki gunung di malam hari yang terakhir adalah Lonceng. Terkadang kita sempat heran ketika bertemu dengan para pendaki yang membawa lonceng ketika mendaki. Sebenarnya lonceng tersebut mempunyai manfaat tersendiri. Ketika pendaki berjalan di malam hari dengan membawa lonceng dimaksudkan agar pendaki yang berada di paling depan bisa mengetahui jarak pendaki yang paling belakang dengan suara lonceng yang dibawa pendaki paling belakang tersebut. Jadi leader bisa mengatur kecepatan jalan dan memerhatikan rekan timnya dengan mudah. Teknik ini sangat efektif jika digunakan dalam pendakian dengan banyak anggota regu.

PENUTUP – Nah dengan selesainya tips mendaki gunung di malam hari tersebut secara otomatis menandakan selesainya perjumpaan kita di pembahasan kali ini. Semoga informasi tips mendaki gunung di malam hari tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih atas kunjungan anda dan sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya tentang Info Gunung Tangkuban Parahu