Cara Mengatasi Heat Exhaustion (Kelelahan Karena Panas) Saat Mendaki

Posted on

Cara Mengatasi Heat Exhaustion (Kelelahan Karena Panas) Saat Mendaki – Nah jika sebelumnya kita membahas mengenai daftar harga peralatan outdoor, kali ini kami hadir kembali dengan tips pendaki yang akan mengulas tentang cara mengatasai heat exhaustion atau kelelahan karena panas saat mendaki.

Tips pendaki tentang Cara Mengatasi Heat Exhaustion (Kelelahan Karena Panas) Saat Mendaki ini tidak kalah penting dari tips sebelumnya mengingat sering pula penyakit ini menyerang para pendaki terutama di siang hari. Harapan kami dengan adanya tips pendaki ini adalah agar kita semua dapat semakin mengenali berbagai macam penyakit dadakan termasuk heat exhaustion ini.

Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi mari kita langsung saja menuju pembahasan utama kita mengenai cara mengatasai heat exhaustion atau kelelahan karena panas saat mendaki.

Cara Mengatasi Heat Exhaustion (Kelelahan Karena Panas) Saat Mendaki

Apa Itu Heat Exhaustion

Heat Exhaustion atau kelelahan karena panas adalah keadaan yang terjadi karena terpapar/terkena panas selama berjam-jam sehingga banyak kehilangan cairan tubuh akibat mengeluarkan banyak keringat. Banyaknya cairan tubuh yang keluar menimbulkan kelelahan, tekanan darah rendah bahkan hingga pingsan/tidak sadarkan diri. Apabila kelelahan ini tidak segera diatas maka dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius yaitu heat stroke.

 

Gejala Penyakit Heat Exhaustion

Setelah anda mengenal apa itu heat exhaustion sebenarnya, sekarang anda akn kami ajak menuju gejala yang muncul dari heat exhaustion, antara lain :

 

  1. Tubuh kelelahan dan lemas.
  2. Rasa kecemasan yang meningkat.
  3. Badan basah karena berkeringat.
  4. Saat berdiri penderita akan merasa pusing karena darah terkumpul di dalam pembuluh darah tungkai, yang melebar akibat panas.
  5. Denyut jantung menjadi lambat dan lemah.
  6. Kulit menjadi dingin, pucat dan lembab.
  7. Penderita menjadi linglung / bingung terkadang pingsan.

 

Tindakan Penanganan Penyakit Heat Exhaustion

Baiklah setelah selesai dengan gejala yang ditimbulkan kini saatnya anda mengetahui apa tindakan yang harus dilakukan :

 

  • Beristirahat di daerah yang teduh, usahakan posisi istirahat berbaring atau datar.
  • Meminum minuman yang mengandung elektrolit.
  • Apabila pingsan, lakulan pertolongan pertama pada orang pingsan.

 

sumber : http://ardhinw.blogspot.co.id

 

PENUTUP

Selesai sudah tips pendaki kali ini mengenai cara mengatasai heat exhaustion atau kelelahan karena panas saat mendaki. Kami harap anda merasakan manfaat dari tips pendaki diatas dan kami harap anda juga dapat membantu teman anda ketika mereka mengalami penyakit ini. Sudah saatnya kami untuk pamit dari hadapan anda, atas kunjungan anda kami ucapkan terimakasih banyak dan sampai jumpa lagi di pembahasa kami berikutnya mengenai….