Info Gunung Welirang untuk Pendaki (3.156 mdpl)

Posted on

Kali ini anda akan kami ajak melangkah menuju pembahasan baru kami yang akan membahas mengenai Info Gunung Welirang untuk Pendaki (Jawa Timur – 3.156 mdpl). Sama seperti pembahasan informasi gunung-gunung sebelumnya, Informasi Gunung Welirang di bawah ini merupakan kumpulan dari berbagai macam sumber dan situs terpercaya yang menyajikan Informasi Gunung Welirang secara detil. Dan dibawah ini adalah daftar Info Gunung Welirang untuk Pendaki (Jawa Timur – 3.156 mdpl) yang akan kami sajikan untuk anda :

  1. Keterangan Gunung Welirang
  2. Objek Wisata/Spot Terbaik Sekitar Gunung Welirang
  3. Area Parkir/Fasilitas Sekitar Gunung Welirang
  4. Perizinan/Administrasi Gunung Welirang
  5. Jalur Pendakian Gunung Welirang
  6. Mitos Sekitar Gunung Welirang

Nah sekarang mari kita lanjutkan langkah kita menuju awal pembahasan mengenai Info Gunung Welirang untuk Pendaki (Jawa Timur – 3.156 mdpl) di bawah ini.

Keterangan Gunung Welirang

Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif yang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Info Gunung Welirang untuk Pendaki (Jawa Timur - 3.156 mdpl)
Gunung Welirang Jawa Timur (3.156 mdpl)

Gunung Welirang bersebelahan dengan Gunung Arjuno, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Welirang terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Arjuno, sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan Arjuno-Welirang. Kompleks Arjuno-Welirang sendiri berada di dua gunung berapi yang lebih tua, Gunung Ringgit di timur dan Gunung Lincing di selatan. Area fumarol dengan cadangan belerang ditemukan di sejumlah lokasi pegunungan ini.

“Welirang” atau Walirang (nama kunanya) dalam bahasa Jawa berarti belerang. Di sekujur lerengnya ditumbuhi tetumbuhan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Objek Wisata/Spot Terbaik Sekitar Gunung Welirang

  • Bumi Perkemahan
  • Air Terjun Elang
  • Air Terjun Kakek Bodo
  • Puncak Welirang

Area Parkir/Fasilitas Sekitar Gunung Welirang

Area Parkir di Sekitar Gunung Welirang

Tersedia di pos perizinan pendakian gunung welirang dengan tarif Rp 5.000/hari.

Fasilitas di Sekitar Gunung Welirang

Di sekitar pos perizinan pendakian Gunung Welirang terdapat fasilitas lengkap seperti toilet umum di belakang pos, ada 2 hotel yang cukup besar, yaitu hotel Tanjung di pinggir jalan raya, serta hotel Surya tepat di sebelah pintu pagar gerbang masuk ke gunung Welirang.

Perizinan/Administrasi Gunung Welirang

Perizinan mendaki gunung Welirang dapat di lakukan di Pos Perizinan Tretes dan dowajibkan meninggalkan KTP atau identitas lainnya.

Jalur Pendakian Gunung Welirang

Jalur pendakian dapat dilakukan melalui Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Di bagian sekitar puncak hidup tumbuhan endemik yang dinamakan penduduk setempat sebagai manis rejo.

Mitos Sekitar Gunung Welirang

Kawasan Gunung Welirang menyimpan cerita misteri yang akrab di telinga warga sekitar dan para pendaki. Cerita misteri yang sering didengar adalah ngunduh mantu, pasar setan, dan alas lali jiwo atau hutan lupa jiwa. Mengenai cerita ngunduh mantu, katanya, pendaki dan penambang belerang sering mendengar suara gamelan dan gending pertemuan pengantin Jawa. Jika mendengar suara tersebut, pendaki diminta turun untuk tak meneruskan pendakian.

Sedangkan alas lali jiwo, para pendaki tersesat atau seperti terhipnotis ketika melintasi hutan itu. Sementara mengenai cerita pasar setan, kerap muncul suara gaduh atau ramai seperti pasar saat malam hari.

PENUTUP – Setelah anda membaca informasi Gunung Welirang diatas, agaimana menurut anda mengenai informasi Gunung Welirang tersebut ? Tertearik kah anda untuk mendaki Gunung Welirang tersebut ? Baiklah samai disini perjumpaan kita kali ini, semoga anda terbantu dengan adanya informasi Gunung Welirang ini. Atas kunjungan anda kami ucapkan Terimakasih dan sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

Pencarian:

info welirang