Info Gunung Pangrango Untuk Pendaki (3.019 mdpl)

Posted on

Beranjak dari pembahasan sebelumnya, nah Mari kita langkahkan kembali kaki kita menuju pembahasan lainnya menjelajahi Info Gunung Pangrango Untuk Pendaki (Jawa Barat – 3.019 mdpl). Nah informasi tentang Gunung Pangrango ini adalah informasi yang kami dapat dari berbagai macam sumber dan situs terpercaya yang menyajikan informasi tentang Gunung Pangrango kemudian kami sajikan ke dalam sebuah pembahasan sehingga nyaman untuk di simak. Berikut daftar informasi tentang Gunung Pangrango untuk Pendaki yang akan kami bahas hari ini :

  1. Keterangan Gunung Pangrango
  2. Objek Wisata Sekitar Gunung Pangrango
  3. Akses Transportasi/Area Parkir/Fasilitas Sekitar Gunung Pangrango
  4. Perizinan/Administrasi Gunung Pangrango
  5. Jalur Pendakian Gunung Pangrango
  6. Mitos Sekitar Gunung Pangrango

Nah sekarang mari kita kembali langkahkan kaki kita menuju awal pembahasan daftar Info Gunung Pangrango Untuk Pendaki (Jawa Barat – 3.019 mdpl). Selamat membaca.

Keterangan Gunung Pangrango

Info Gunung Pangrango Untuk Pendaki (Jawa Barat - 3.019 mdpl)
Gunung Pangrango Jawa Barat (3.019 mdpl)

Gunung Pangrango merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia tepattnya di Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Pangrango mempunyai ketinggian setinggi 3.019 meter dari permukaan laut. Puncaknya dinamakan Puncak Mandalawangi. Puncak Mandalawangi juga merupakan titik pertemuan batas tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi.

Gunung Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai. Gunung Pangrango terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede dan berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Gunung Pangrango mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Objek Wisata Sekitar Gunung Pangrango

  1. Air Terjun Cibodas
  2. Telaga Biru

Akses Transportasi/Area Parkir/Fasilitas Sekitar Gunung Pangrango

Akses Transportasi Menuju Gunung Pangrango

  1. Untuk Akses Transportasi pendakian gunung Pangrango via Cibodas, Anda bisa menuju lokasi kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Jika Anda berangkat dari Jakarta, bisa naik bus jurusan Jakarta-Bandung, kemudian naik angkutan umum jurusan Cibodas, turun di Kebun Raya Cibodas.
  2. Pendakian gunung Gede Pangrango melalui jalur Gunung Putri jika Anda berangkat dari arah Jakarta naik bus jurusan Bandung, dilanjutkan dengan naik angkutan umum, turun di Pasar Cipanas, kemudian dilanjutkan lagi menuju Gunung Putri.
  3. Terakhir adalah jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Selabintana. Perjalanan bisa dimulai dari terminal Sukabumi, kemudian dilanjutkan menuju Pondok Halimun menggunakan moda transfortasi berupa angkutan umum atau carter mobil.

Area Parkir Di Sekitar Gunung Pangrango

Area parkir gunung pangrango disediakan di seputaran Pasar Cibodas persis di seberang Kantor Balai Besar TNGP (Taman Nasional Gunung Pangrango), atau parkiran bawah di area warung Mang Idi, tarif motor antara Rp. 5.000-10.000/hari. Atau dapat pula parkir didepan basecamp Indonesian Mountains.

Fasilitas Sekitar Gunung Pangrango

Fasilitas umum seperti toilet, warung hingga musholla terdapat di sekitaran pintu masuk kawasan Kebun Raya Cibodas.

Perizinan/Administrasi Gunung Pangrango

Perizinan mendaki gunung Pangrango dapat dilakukan di kantor Resort TNGP Cibodas yang terletak di sebelah kanan sebelum pintu masuk kawasan Kebun Raya Cibodas. Dikantor tersebut, anda harus melakukan proses pendaftaran dan membayar simaksi sebesar Rp. 27.500/orang untuk weekday dan sekitar Rp. 32.500/0rang untuk weekend. Jika tak ingin datang langsung, anda juga dapat melakukan registrasi via online dengan mengunjungi situs booking gunung gede pangrango

Jalur Pendakian Gunung Pangrango

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango yang biasa digunakan ada tiga, yaitu jalur pendakian via Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana.

Jalur Pendakian Gunung Gede
Jalur Pendakian Gunung Pangrango

Jalur Pendakian Gunung Pangrango Via Cibodas

Di jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas terdapat beberapa pos pendakian yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat. Pos-pos tersebut berupa bangunan beratap, sehingga selain digunakan untuk beristirahat bisa juga dimanfaatkan untuk berlindung.

Di basecamp pendakian gunung Gede via Cibodas juga Anda wajib lapor kepada petugas, barang-barang Anda juga akan diperiksa. Mendaki gunung Gede Pangrango sebaiknya tidak membawa barang-barang yang dilarang seperti pisau, golok, radio, sabun dan odol, sbab barang-barang tersebut akan disimpan di basecamp.

Awal perjalanan meninggalkan basecamp, Anda akan melewati trek berbatu dan melintasi hutan tropis. Sekitar 1,5 km dari basecamp, Anda akan menemukan rawa bernama Telaga Biru.

Sebelum sampai di Pos Panyangcangan Kuda, Anda akan melewati jembatan kayu sejauh 1 km. Anda harus hati-hati melewati jembatan kayu ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pos Panyangcangan Kuda sendiri berada di ketinggian 1.628 mdpl.

Di Pos ini terdapat bangunan beratap yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat untuk melepas lelah dan mengumpulkan tenaga agar siap melanjutkan pendakian.

Di lokasi ini terdapat pertigaan, jalur kanan menuju air terjun Cibeureum, sedangkan jalan lurus menuju ke arah puncak. Air terjun Cibeureum berada di ketinggian 1675 mdpl dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Setelah puas melihat keindahan Air Terjun Cibeureum, Anda bisa melanjutkan pendakian melewati jalan setapak yang menanjak dan berliku. Sampai di Pos Batu Kukus (1.820 Mdpl), Anda bisa beristirahat di bangunan yang tersedia.

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas setelah Pos Batu Kukus kembali menanjak. Selanjutnya Anda akan menemukan jalur landai dan turunan, sehingga Anda bisa menghemat energi dan bisa cepat sampai di Pos Pondok Pemandangan (2.150 mdpl).

Selanjutnya Anda akan melewati sumber air panas. Dalam jalur ini pendaki harus ekstra hati-hati karena lintasan sempit dan licin. Suhu air panasnya mencapai 70 derajat celcius, jika Anda terpeleset akibatnya akan cukup fatal.

Setelah melewati jalur pendakian yang lumayan terjal, Anda akan sampai di Pos Kandang Batu (2.220 mdpl). Dari Pos Kandang Batu trek kembali menanjak. Di bawah jalur pendakian terdapat air terjun yang indah, jika berminat Anda juga bisa mengunjungi air terjun ini.

Setelah melewati jalur sempit, Anda akan menemukan bonus berupa jalur landai dan menurun sampai di Pos Kandak Badak (2.395 mdpl). Anda bisa beristirahat sejenak di Pos Kandang Badak sambil mengisi persediaan air, sebab di pos selanjutnya susah memperoleh air.

Jalur pendakian setelah Pos Kandang Badak sangat terjal dan menanjak. Di sini Anda akan menemukan pertigaan. Arah kiri menuju puncak gunung Gede, sedangkan arah kanan menuju puncak gunung Pangrango.

Untuk tiba di puncak gunung Gede, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan untuk mencapai puncak gunung Pangrango, membutuhkan waktu satu jam lebih lama dari puncak gunung Gede, yaitu sekitar 3 jam.

Jalur pendakian menuju puncak gunung Gede akan melewati jalur terjal. Anda juga akan menemukan tanjakan sangat terjal yang dilengkapi dengan tali baja untuk berpegangan. Tanjakan ini biasa disebut Tanjakan Setan.

Jalur pendakian menuju puncak gunung Pangrango juga sangat terjal dan melewati hutan lebat. Pepohonan di puncak gunung Pangrango masih cukup lebat, untuk menyaksikan keindahan alam sekitar, Anda bisa turun ke alun-alun Mandalawangi. Tempat ini merupakan area terbuka yang cukup luas serta banyak ditumbuhi tanaman edelweis.

Jalur Pendakian Gunung Pangrango Via Gunung Putri

Setelah mendapat simaksi, Anda harus menukarkannya di basecamp Cibodas. Setelah itu Anda menuju basecamp jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Gunung Putri.

Basecamp jalur Gunung Putri berada tidak jauh dari Cibodas. Basecamp Gunung Putri berada di antara istana Cipanas dan pasar Cipanas, kontur jalan offroad bisa ditempuh menggunakan motor. Dari Basecamp Haji Anwar, gunung Gede Pangrango sudah terlihat dengan jelas.

Setelah kurang lebih 10 menit dari basecamp Haji Anwar, Anda akan tiba di Pos pemeriksaan simaksi disertai foto kopi KTP. Dari pos pemeriksaan ke batas hutan melewati sungai dan ladang milik warga, waktu tempuh sekitar 15 menit.

Jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Gunung Putri memang terkenal menanjak dan terjal. Namun waktu tempuhnya bisa lebih cepat dibanding jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Cibodas. Selain lebih cepat, mendaki via jalur Gunung Putri juga bisa langsung sampai di Surya Kencana.

Di perjalanan terdapat saung-saung yang bisa digunakan untuk tempat istirahat. Setelah kurang lebih 45 menit perjalanan, Anda akan tiba di di Pos Legok Leunca.

Jalur menuju Surya Kencana via Gunung Putri terus menanjak, kalau Anda mendaki di musim hujan sudah dapat dipastikan akan melalui jalan becek dan licin. Kalau sudah tiba di shelter V, Anda sudah berada di lokasi yang cukup dekat dengan Surya Kencana.

Setelah berjalan selama kurang lebih 6 jam dari basecamp Gunung Putri, Anda akan tiba di lembah yang luasnya sekitar 4x GBK dengan tanaman bunga edelweis yang banyak dan sangat indah. Tempat ini adalah Surya Kencana.

Bila kita mendaki gunung Gede via Gunung Putri, maka kita akan tiba di Surya Kencana Timur. Sedangkan Surya Kencana Barat akan lebih dulu dicapai jika naik dari jalur Selabintana. Dan jika mendaki gunung Gede via jalur Cibodas, maka kita akan tiba di puncak terlebih dahulu. Anda bisa ngecamp di area Surya Kencana ini, sebaiknya manfaatkan waktu untuk beristirahat karena perjalanan menuju puncak masih cukup menguras tenaga.

Jalur pendakian dari Surya Kencana menuju puncak gunung Gede treknya terus menanjak, bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Jika cuaca sedang bagus, dari puncak Gunung Gede Anda bisa melihat view puncak Pangrango, Kawah Gede dan Surya Kencana yang sangat indah.

Jalur Pendakian Gunung Pangrango Via Salabintana

Jalur pendakian gunung Gede Pangrangi via Selabintana terbilang jarang digunakan. Jalur favorit yang bisa dilewati pendaki adalah jalur Cibodas dan Gunung Putri. Jalur Selabintana bisa Anda gunakan sebagai jalur alternatif untuk mendaki gunung Gede Pangrango saat jalur Cibodas dan Gunung Putri penuh.

Jika Anda punya nyali tinggi dan berjiwa petualang, boleh coba jalur menantang ini. Jika dibandingkan dengan jalur Cibodas dan Gunung Putri, jalur Selabintana ini sebetulnya tidak jauh beda. Yang membedakannya adalah tidak adanya anak tangga untuk pijakan seperti jalur Cibodas.

Lalu kenapa jalur pendakian gunung Gede Pangrango via Selabintana sering disebut-sebut sebagai jalur terberat?

Ada beberapa alasan, diantaranya karena jalurnya rimbun dan banyak lintah, di jalur Selabintana kita sulit mendapatkan sumber air. Sumber mata air bida diperoleh sekitar 4 kilometer sebelum Surya Kencana. Selain itu, Anda juga tidak akan menemukan pos atau saung tempat beristirahat di jalur Selabintana. Mendaki via Selabintana, kita akan tiba di Surya Kencana Barat.

Mitos Sekitar Gunung Pangrango

  1. Di kawasan kandang batu konon terdapat sosok Jin yang sering ditemui pendaki.
  2. Konon terdapat pasar setan di kawasan pos pertama pendakian dekat bangunan bekas toilet umum
  3. Eyang Jayarahmatan dan Embah Kadok menjaga dua buah batu dihalaman parkir kendaraan wisatawan kawasan cibodas. Batu tersebut pernah dihancurkan, namun bor mesin tidak mampu menghancurkannya.
  4. Dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, terdapat petilasan/ makam Eyang Haji Mintarasa.
  5. Pangeran Suryakencana menyimpan hartanya dalam sebuah gua lawa/walet yang berada di sekitar air terjun Cibeureum. Gua tersebut dijaga oleh Embah Dalem Cikundul.
  6. Tepat berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum ini terdapat sebuah batu besar yang konon adalah perwujudan seorang pertapa sakti yang karena bertapa sangat lama dan tekun sehingga berubah menjadi batu. Pada hari kiamat nanti barulah ia akan kembali berubah menjadi manusia. Wallahualam bishawab!!

PENUTUP

Nah cukup sekian Info Gunung Pangrango Untuk Pendaki (Jawa Barat – 3.019 mdpl) yang dapat kami sampaikan untuk anda. Semoga informasi tersebut dapat menjadi perbekalan anda dalam melakukan pendakian gunung Pangrango kelak. Atas kunjungan and kami ucapkan terimakasih banyak dan sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

Pencarian:

administrasi gunung pangrango, gpx gunung gede pangrango via putri