Informasi Gunung Sago, Sumatera Barat (2.261 mdpl) Untuk Pendaki

Posted on

Selamat datang para pembaca yangb budiman, kali ini anda akan kami ajak menuju sebuah pembahasan yang akan mengulas mengenai Info Gunung Sago Untuk Pendaki (Sumatera Barat – 2.261 mdpl). Pembahasan mengenai informasi Gunung Sago di Sumatera Barat ini kami hadirkan untuk anda dengan tujuan agar anda dapat semakin mengetahui secara lebih rinci segala informasi mengenai Gunung Sago di Sumatera Barat. Baiklah berikut daftar informasi Gunung Sago di Sumatera Barat yang akan kami sajikan untuk anda.

  1. Keterangan Gunung Sago, Sumatera Barat
  2. Objek Wisata Sekitar Gunung Sago, Sumatera Barat
  3. Akses Transportasi/Area Parkir/Fasilitas Sekitar Gunung Sago, Sumatera Barat
  4. Perizinan/Retribusi Gunung Sago, Sumatera Barat
  5. Jalur Pendakian Gunung Sago, Sumatera Barat
  6. Mitos Sekitar Gunung Sago, Sumatera Barat

Demi mengehemat waktu anda yang berharga, mari kita langsung menuju pembahasan mengenai informasi gunung Sago di bawah ini.

-Keterangan Gunung Sago, Sumatera Barat

Gunung Sago Untuk Pendaki (Sumatera Barat - 2.261 mdpl)
Gunung Sago (Sumatera Barat – 2.261 mdpl)

Gunung Sago terletak di Kabupaten Lima Puluhkota, Payakumbuh, Sumatera Barat. Gunung ini merupakan gunung yang terletak di dua kabupaten dan dikenal juga dengan nama Gunung Malintang, selain itu gunung ini merupakan salah satu gugusan gunung di pegunungan bukit barisan. Gunung Sago juga memiliki ketinggian 2261 meter dari permukaan laut. Dan menurut bpenelitian, gunung ini termasuk gunung api yang masih aktif dan terakhir meletus pada tahun 1600-an. Namun pada tahun 2008 aktivitas Gunung Sago terpantau kembali oleh pusat geologi dan diperkuat oleh satelit Google.

-Objek Wisata Sekitar Gunung Sago, Sumatera Barat

  1. Danau Tingga
  2. 3 Puncak Gunung Sago

-Akses Transportasi/Area Parkir/Fasilitas Sekitar Gunung Sago, Sumatera Barat

Akses Transportasi Menuju Gunung Sago

Tak banyak informasi mengenai akses transportasi menuju gunung ini namun, lokasi gunung ini dapat ditempuh dalam 5 jam perjalanan dari Kota Padang.

Area Parkir Sekitar Gunung Sago

Sama halnya seperti informasi dari akses transportasi, area parkir sekitar gunung Sago juga sulit kami dapatkan, namun kami yakin area parkir pasti tersedia di sekitaran pemukiman warga sekitar kaki gunung Sago.

Fasilitas Sekitar Gunung Sago

Begitupun dengan fasilitas sekitar gunung Sago, kami tidak menemukan banyak informasi mengenai fasilitas sekitar gunung Sago, namun kami mengasumsikan bahwa sekitaran kaki gunung Sago pasti terdapat fasilitas-fasilitas umum yang dibutuhkan.

-Perizinan/Retribusi Gunung Sago, Sumatera Barat

Perizinan pendakian dilakukan di rumah kepala jorong setempat (pak Dt. Marajo).

-Jalur Pendakian Gunung Sago, Sumatera Barat

Jalur pendakian gunung Sago dapat melewati jalur Nagari Situjuah dan Sibaladuang.

-Mitos Sekitar Gunung Sago, Sumatera Barat

Adapun misteri yang terkandung disekitar gunung ini banyak sekali berdasarkan mitos-mitos yg tersebar dikalangan masyarakat penghuni sekitar gunung Salah satu adanya komunitas ghaib yg dikenal dengan sebutan URANG BUNIAN menghuni hutan dikaki gunung ini,serta adanya Cindaku ( manusia harimau ) yang menjaga hutan dan gunung ini dari kejahilan tangan manusia.

Salah satu ke anehan yang lain adalah, bagi yang hobi mendaki gunung, saat pertama kali mereka tidak akan bisa melihat apa-apa dari puncak gunung ini karena selalu diliputi kabut, itu juga bisa dilihat dari bawah, puncak gunung itu terlihat selalu ditutup awan, tapi coba tanya kepada penduduk asli, mereka justru bisa melihat keindahan alam disekitar kaki gunung dan mereka bisa melihat puncak gunung dari bawah. Entah amengapa tapi ini akan berubah jika sudah 2-3 kali melakukan pendakian.

sumber : id.crowdvoice.com

PENUTUP – Selesai sudah pembahasan kita mengenai Info Gunung Sago Untuk Pendaki (Sumatera Barat – 2.261 mdpl) diatas. Semoga informasi Gunung Sago tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua dan tak lupa atas segala kekurangan yang kami miliki, kami mohon untuk dimaafkan. Baiklah atas kunjungan anda kami ucapkan terimakasih banyak dan sampai berjumpa lagi di pembahasan kami selanjutnya.