Informasi Gunung Lasem Untuk Pendaki (806 mdpl)

Posted on

Bertemu kembali dengan kai yang pada kesempatan kali ini akan membahasn mengenai Info Gunung Lasem Untuk Pendaki (Jawa Tengah – 806 mdpl) yang tak kalah penting dari pembahasan sebelumnya, Nah pembaca yang budiman, informasi gunung Lasem yang akan kami sajikan di bawah ini merupakan hasil pencarian kami dari berbagai macam sumber terpercaya yang menyediakan informasi gunung Lasem itu sendiri. Apa saja yang akan kami sajikan dari informasi gunung Lasem yang sudah kami kumpulkan tersebut ? Berikut daftar informasinya untuk anda.

  1. Keterangan Gunung Lasem
  2. Objek Wisata Sekitar Gunung Lasem
  3. Akses Transportasi/Area Parkir/Fasilitas Sekitar Gunung Lasem
  4. Perizinan/Administrasi Gunung Lasem
  5. Jalur Pendakian Gunung Lasem
  6. Mitos Sekitar Gunung Lasem

Baiklah mari kita telusuri bersama seperti apa pemaparan dari keenam informasi gunung Lasem diatas selengkapnya. Selamat membaca.

-Keterangan Gunung Lasem

Info Gunung Lasem Untuk Pendaki (Jawa Tengah - 806 mdpl)
Gunung Lasem (Jawa Tengah – 806 mdpl)

Gunung Lasem adalah sebuah gunung yang terdapat di bagian tengah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Membujur mulai dari pegunungan Kapur Utara di bagian selatan hingga ke pesisir pantai Utara di sebelah utara. Gunung ini sebagian besar berada di wilayah kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Jawa Tengah dan meliputi beberapa kecamatan seperti Sluke, Kragan, Sedan, Pamotan dan Pancur.

Puncak tertinggi dari gunung Lasem adalah puncak Argopuro. Puncak ini banyak dikunjungi oleh para pendaki gunung dari wilayah Rembang, Pati, Blora dan Tuban utamanya pada akhir pekan dan masa liburan.

Meski tidak terlalu tinggi, namun dari atas puncak Argopuro, bisa leluasa memandang laut Jawa di sebelah utara, kota Lasem, kota Rembang dan gunung Muria di sebelah barat. Sedang di arah selatan terlihat puncak gunung Lawu.

-Objek Wisata Sekitar Gunung Lasem

  1. Puncak Argopuro
  2. Wisata Sejarah Lasem
  3. Makam RA Kartini
  4. Museum Kamar Pengabdian RA Kartini
  5. Pasujudan Sunan Bonang
  6. Pantai Dampo Awang
  7. Pantai Caruban
  8. Pantai Jatisari
  9. Pantai Karang Jahe
  10. Hutan Mangroove Pasarbanggi
  11. Embung Lodan

-Akses Transportasi/Area Parkir/Fasilitas Sekitar Gunung Lasem

Akses Transportasi Menuju Gunung Lasem

Jika anda menggunakan angkutan umum anda dapat langsung  menuju alamat gunung lasem di kabupaten Rembang, Jateng. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda bisa langsung menuju pos pendakian di desa terakhir setelah desa Nyode, Kec.Pancur, Kab.Rembang.

Area Parkir Di Gunung Lasem

Terdapat di rumah-rumah warga sekitaran desa Siwalansukun dengan tarif sekitar Rp.3.000/motor

Fasilitas Yang Ada Di Gunung Lasem

Fasilitas umum seperti warung, toilet dan musholla pasti tersedia di basecamp pendakian dan sekitaran desa Nyode maupun desa Siwalansukun.

-Perizinan/Administrasi Gunung Lasem

Perizinan pendakian dan administrasi di gunung lasem tidak dapat kami temukan, namun kami sarankan anda datangi pos pendakian terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian.

-Jalur Pendakian Gunung Lasem

Untuk mencapai puncak gunung Lasem yakni puncak Argopuro, rute pendakian yang biasa dilalui adalah melalui desa Nyode, kecamatan Pancur Kabupaten Rembang. Dari sini, masih bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4 hingga ke desa terakhir. Di desa terakhir yang juga merupakan pos pendakian terakhir dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama lebih kurang 3 jam.

Selain itu juga bisa dari arah barat gunung melalui pos pendakian di desa Gowak atau desa Kajar kecamatan Lasem.

-Mitos Sekitar Gunung Lasem

Terdapat kisah yang menarik tentang sejarah Lasem adalah tentang kota kuno Pucangsulo. Dalam Carita Sejarah Lasem dikisahkan bahwa dahulu terdapat kota Pucangsulo yang terletak di sebelah timur Lasem.  Kota ini lenyap ketika terjadi gunung meletus dan gempa bumi, hancur ke laut. Diduga sekarang berada di Desa Sulo dan Desa Gepura. Juga di sekitar Desa Logading.

“Warga sekitar pernah menemukan arca dan batu bata merah di areal persawahan. Arca tadi dibuat fondasi masjid, kepalanya telah terpotong. Selain itu, warga pernah menemukan batu bata merah yang berserakan di sekitar Desa Sulo,” kata Jiman warga Desa Sulo ketika ditemui di rumahnya.

PENUTUP – Nah seperti itulah kira-kira Info Gunung Lasem Untuk Pendaki (Jawa Tengah – 806 Mdpl) yang dapat kami sajikan untuk anda saat ini. Karena keterbatasan informasi yang kami terima maka kami hanya dapat menyajikan sedikit informasi gunung Lasem seperti ynag anda telah siimak diatas. Namun harapan kami tetaplah sama yakni semoga informasi gunung Lasem diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Baiklah atas kunjungan anda kami ucapkan terimakasih banyak dan sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya.